Senin, 01 Mei 2017

Cara Stek Mawar

Cara Paling Mudah Stek Bunga MawarMemiliki rumah yang indah tentunya adalah dambaan bagi setiap orang, karenanya banyak orang yang berusaha mempercantik rumah mereka dengan berbagai cara. Bagi anda yang menyukai bercocok tanam, menghiasi rumah anda dengan bunga adalah pilihan yang paling baik.
Jenis bunga yang banyak digemari adalah bunga mawar. Bunga dengan duri dibatangnya ini mampu menjadi primadona bunga karena warna warni yang cantik dan juga baunya yang khas.
Bahkan tak jarang sebagian orang beranggapan bahwa mawar adalah bunga spesial yang merupakan simbol kasih sayang. Bunga ini sangat mudah dikembangbiakan, yaitu dengan stek bunga mawar.
 
Menanam bunga mawar sejatinya ada dua cara, yaitu dengan menanam biji atau melalui stek batang. Menanam bunga mawar dengan biji cenderung lebih praktis, hanya saja biji mawar hanya dapat diperoleh dari bunga mawar yang matang.
Karena waktu pertumbuhan biji mawar yang lama, pecinta bunga mawar lebih sering melakukan stek bunga mawar untuk pembibtan.
Stek bunga mawar harus dilakukan dengan hati-hati dan membutuhkan teknik khusus. Jika tidak, kuncup daun bunga mawar tak akan pernah tumbuh dan batang yang distek akan mengering. Berikut teknik stek bunga mawar yang benar:
  1. Pilihlah batang Mawar terbaik
Batang yang dapat digunakan sebagai bibit stek bunga mawar adalah batang yang sudah tua. Pilihlah batang yang dekat dengan akar atau minimal durinya sudah lebih besar daripada duri pada bagian batang lain. Potonglah bagian yang anda pilih sekitar 7 sampai 10 cm menggunakan pisau yang tajam.
  1. Media tanam Bunga Mawar
Media yang digunakan untuk pembibitan juga harus diperhatikan. Gunakan tanah hitam yang gembur atau bisa juga menggunakan sekam (kulit padi) yang dijampur dengan tanah dan pasir.
Jangan beri pupuk apapun selama masa pembibitan, karena pupuk akan menghambat pengakaran. Letakkan media tanam dalam polybag agar lebih mudah dipindahkan nantinya. Jangan lupa memberi beberapa lubang pada polybag untuk mencegah pembusukan akar.
  1. Teknik stek bunga mawar
Tancapkan bibit batang yang dipilih dengan kedalaman setengah dari tinggi media tanam. Sirami tanaman bibit ini dengan rutin setiap pagi dan sore.
  1. Penempatan bibit Mawar
Sebaiknya letakkan polybag yang berisi bibit mawar di tempat yang sejuk dan tak terkena sinar matahari secara langsung. Menaruh bibit di tempat yang gelap justru akan mempercepat pertumbuhan akar.
Setelah muncul 3 atau 4 daun, itu tandanya bibit mawar anda telah siap untuk dipindahkan. Untuk memindahkan, cukup robek polybag dan jangan merusak tekstur tanah yang sudah ada.
Pindahkan bibit ke tempat yang anda suka, bisa di pot atau ditanam langsung ditanah. Disarankan untuk menanam di pot, karena dengan begitu mawar akan lebih mudah dipindahkan saat cuaca terlalu terik. Setelah dipindahkan anda boleh memberi tanaman mawar anda pupuk kompos agar mawar lebih cepat berbunga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Budidaya Tanaman Secara Vertikultur

Sesuai dengan asal katanya dari bahasa Inggris, yaitu vertical dan culture, maka vertikultur adalah sistem budidaya pertanian yang dila...